Senin, 02 Juni 2008

GIGI di mata Video Game

Musisi yang paling berpengaruh buat Video Game salah satunya adalah GIGI, karena menurut VG, GIGI adalah band besar Indonesia yang paling komplit. Komplit di sini berarti :
1. Personilnya memiliki kemampuan musikal yang mumpuni,
2. Memiliki banyak lagu hits yang 'enak' dalam artian bisa dijual dan dinikmati penikmat musik secara umum,
3. Kepribadian personil yang menyenangkan,
4. Memiliki basis fans fanatik dan penjualan album yang stabil, meskipun tidak sering meledak,
5. Kemampuan bermain live yang mengagumkan, tidak berbeda jauh kualitasnya dengan performa rekaman,
6. Performa panggung yang sangat menarik,
7. Konsistensi berkarya selama bertahun-tahun.

Kombinasi semua faktor itu bisa VG temukan di GIGI. Mungkin ada band yang album rekamannya sangat bagus, tapi ancur waktu maen live. Ada juga band yang hebat waktu maen live, tapi album rekamannya tidak bisa dinikmati penikmat musik secara umum. Bahkan ada pula band yang angka penjualan albumnya jutaan kopi, tapi sisi musikalitasnya banyak dicibir oleh kritikus musik.

GIGI berdiri tanggal 22 Maret 1994 dengan formasi awal Baron, Ronald, Budjana, Thomas, dan Armand. Dalam perjalanannya, GIGI beberapa kali berganti personil dan saat ini formasinya adalah Budjana (gitar), Thomas (bass), Hendy (drum), dan Armand (vokal), dan berada di bawah naungan Sony Music. GIGI beberapa kali bekerjasama dengan artis luar negeri, yang paling fenomenal adalah dengan Billy Sheehan (ex. Mr. Big, Niacin, The Explorers Club, Steve Vai) melalui lagu "Tractor" di album 2x2. Sayangnya album ini kurang laku karena kurangnya promosi (waktu itu berlabel CeePee). Saat ini pamor GIGI kembali menanjak sejak mereka mengaransemen ulang lagu "Perdamaian", dan semakin tinggi melalui album "Peace, Love, 'N Respect" dengan lagu andalan Nakal dan 11 Januari yang menuai banyak penghargaan.

1 komentar:

misterhussein mengatakan...

salam kenal dari mister hussein dan istri dari Malang.....temen nya yeyeng SMA heueheueh silaken berkunjung ke blog kami rayshaa.blogspot.com